Senin, 06 April 2020

PRODUK KREATIF KELAS XI ( Kemasan Produk, SITI AMBARUKMI, SE )


KELAS DARING
KELAS X SEMESTER GENAP 2019/2020
SMK NEGERI 2 BAGOR

NAMA KELAS     : XI Perhotelan 1, XI Perhotelan 2, XI ALSINTAN
NAMA GURU     : SITI AMBARUKMI, SE
JUDUL MATERI  : Modifikasi Seni Budaya Nusantara
TANGGAL            : SELASA, 7 April 2020
                                  KAMIS , 9 April 2020

MATERI :
                                                Kemasan Produk
A.      Pengertian Kemasan Produk

Kemasan adalah desain kreatif yang mengaitkan bentuk,struktur, material, warna, citra, tipografi, dan elemen elemen desain dengan informasi produk agar produk dapat dipasarkan. Kemasan digunakan untuk membungku, melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi, dan membedakan sebuah produk dipasar. Kemasan yang baik dapat membangun ekuitas merek dan mendorong penjualan. Kemasan adalah bagian pertama dari produk yang berhadapan langsung dengan pembeli. Pengemasan dapat merebut minat dari konsumen.




B.      Fungsi Kemasan Produk

Fungsi utama dari pengemaan adalah untuk menjaga produk. Namun, lambat laun kemasan menjadi faktor yang cukup penting sebagai alat pemasaran . simamora (2007)  mengungkapkan pengemasan memiliki 2 fungsi, yaitu :

a.       Fungsi protektif

Berkenaan dengan keamanan dari suatu produk, perbedaan iklim, prasarana transportasi, dan saluran distribusi yang semua berimbas pada pengemasan.  Dengan pengemasan yang protektif konsumen tidak perlu lagi menanggung risiko pembelian produk yang rusak atau cacat.

b.       Fungsi promosional
Peran kemasan pada umumnya dibatasi pada perlindungan produk. Namun kemasan juga dapat digunakan sebagai sarana promosional. Menyangkut promosional perusahaan mempertimbangkan preferensi konsumen menyangkut warna, ukuran, dan penampilan.
Sedangkan menurut kotler, terdapat 4 fungsi kemasan sebagai satu alat pemasaran, yaitu:
1.       Self service. Kemasan memiliki fungsi yang lebih lagi dalam bidang pemasaran, dimana kemasan harus menarik,menyebutkan ciri ciri produk, mampu meyakinkan konsumen dan memberi kkesan menyeluruh yang mendukung produk.
2.       Consumer offluence. Konsumen bersedia membayar lebih mahal bagi kemudahan,penampilan,ketergantungan dan prestise dari kemasan yang lebih baik.
3.       Company and brand image. Perusahaan mengenal baik kekuatan yang dikandung dari kemasan yang dirancang dengan cermat dalam mempercepat konsumen mengenali perusahaan atau merk produk.
4.       Inovational opportunity. Cara pengemasan yang inovatif akan menguntungkan podusen dan juga konsumen.

Selain  fungsi pemasaran tadi, ada beberapa fungsi lain dari kemasan. Yaitu sebagai berikut:

1.       Kemasan melindungi produk dalam pergeraannya. Salah satu fungsinya untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kehancuran, kebusukan,atau kelihangan melalui pencurian atau kesalahan penempatan.
2.       Kemasan memberikan cara yang menarik untuk menarik perhatian kepada sebuah produk dan memperkuat citra produk.
3.       Kombinasi keduannya, yakni kemasan dapat melindungi produk dan juga memberikan perhatian untuk para konsumen.



C.      Tujuan Kemasan Produk

Menurut Louw dan Kimber, kemasan dan pelabelan kemasan mempunyai beberapa tujuan. Yaitu:

1.       Physical production:  Melindungi barang dari suhu, getaran, guncangan, tekanan, dan sebgainya.
2.       Barrier protection : melindungi dari habatan oksigen uap air, debu dan lain sebagainnya.
3.       Containment or agglomeration: benda benda kecil biasanya dokelompokkan bersama dalam satu paket agar efisien saat dalam transportasi dan penanganan
4.       Information transmission: informasi tentang cara menggunakan transportasi, daur ulang, atau membuang paket, produk yang sering terdapat pada kemasan atau label.
5.       Reducing theft: krmasan yang tidak dapat dibuka kembali. Dan harus merusaknya saat ingin membuka. Kemasan in sangat membantu dalam pencegahan pencurian.
6.       Fitur yang menambah kenyamanan dalam distribusi, penanganan, penjualan, tampilan, pembukaan, kembali penutup, penggunaan dan digunakan kembali
7.       Kemaan dan label dapat digunakan oleh pemasar untuk mendorong calon pembeli untuk membeli produk.

D.      Jenis Jenis Kemasan

Berdasarkan struktur isi, kemasan dibagi menjadi 3, Yaitu :

1.       Kemasan primer. Yaitu bahan kemas langsung, yang mewadahi bahan pangan. Contohnya kaleng susu, kardus minuman, botol air mineral dll.
2.       Kemasan sekunder. Yaitu kemasan yang fungsi utamanya melindungii kelompok kemasan lain. Contohnyaa kardus karton untuk mewadahi kaleng susu, kotak kayu untuk wadah buah yang dibungkus dll.
3.       Kemasan tersier dan kuarter. Yaitu kemasan yang diperlukan untuk menyimpan, pengiriman atau identifikasi. Kemasan tersier umumnya digunakan sebagai pelindung selama pengangkutan.
                                         Berdasarkan frekuensi pemakaian, kemasan dibagi menjadi 3. Yaitu:
1.       Kemasan sekai pakai (disposable), yaitu kemasan yang langsung setelah sekali pemakaian. Contohnya bungkus plastik, bukus permen, bungkus daun, karton dus, makanan kaleng.
2.       Kemasan yang dapat dipakai berulang kali( multi trip), kemasan ini umumnya tidak langung dibuang. Melainkan dikembalikan kepada agen penjual untuk dimanfaatkan lagi oleh pabrik. Contohnya botol kecap atau botol minuman
3.       Kemasan tidak dibuang (semi disposable), kemasan ini biasanya digunakan untuk kepentingan lain dirumah konsumen. Contohnya kaleng biskuit, kaleng susu dan berbagai jenis botol.

Berdasarkan tingkat kesiapan pakai, kemasan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

1.       Kemasan siap pakai, yaitu bahan kemas yang siap diisi dengan bentuk yang telah sempurna sejak keluar dari pabrik. Contohnya, wadah botol, wadah kaleng, dan sebgainnya.
2.       Kemasan siap dirakit, yaitu kemasan yang masih memerlukan tahap perakitan sebelum pengisian, misalnya kaleng dalam bentuk lempengan dan silinder fleksibel, wadah yang tebuat dari kertas, foil atau plastik.


SUSULAN PAS GANJIL 2020/2021 KELAS X SELASA 15 DESEMBER 2020

  KERJAKAN SOAL SUSULAN PAS SESUAI DENGAN MATA PELAJARAN BELUM KALIAN IKUTI, JANGAN MEMAKAI UCBROWSER JIKA MENGERJAKAN PAS, KARENA NILAI TID...