Rabu, 29 April 2020

FRONT OFFICE KELAS XI ( MENANGANI BARANG BAWAAN TAMU, RISA UMAMI, S.Pd )


KELAS DARING
KELAS XI SEMESTER GENAP 2019/2020
SMK NEGERI 2 BAGOR

NAMA KELAS     : XI PERHOTELAN 2
NAMA GURU     : RISA UMAMI, S.Pd.,Gr
JUDUL MATERI  : MENANGANI BARANG BAWAAN TAMU

MATERI :
Teknik Penanganan Barang Bawaan Tamu
Penanganan barang tamu harus dilakukan dengan hati-hati dan sangat membutuhkan perhatian khusus. Hal ini sering dikenal dengan istilah ”handling with care”. Ada beberapa alasan mengapa barang tamu memerlukan penanganan khusus.
a.        Expense/biaya adalah dikarenakan barang tamu bernilai mahal. Oleh sebab itu, memerlukan penanganan yang hati-hati.
b.        Limiting expenses/ biaya yang terbatas. Dengan penanganan dan perhatian yang baik selama penanganan barang tamu maka dapat menekan pengeluaran. Sebab bila bellboy tidak hati-hati dalam penanganan barang tamu dan terjadi kerusakan pada barang, maka hotel akan bertanggung jawab dan mengganti barang tersebut.
Adapun metode penanganan barang bawaan tamu yaitu:
Lifting adalah teknik mengangkat barang tamu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengangkat barang bawaan tamu dengan mengenali tanda yang ada pada barang seperti berikut ini.


Stacking adalah teknik meletakkan atau menumpuk barang dengan cara yang benar dan tepat untuk menghindari kerusakan atau keretakan pada barang. Teknik meletakkan barang tersebut juga berlaku bagi bellboy bila meletakkan barang pada kereta barang dan pada bagasi bus atau taxi.
          Menumpuk dan meletakkan tas/ barang yang paling keras di bagian bawah.
          Menumpuk dan meletakkan tas/ barang yang paling tebal di bagian bawah.
          Menumpuk dan meletakkan tas/ barang yang paling besar di bagian bawah.


Penanganan barang tamu individu tiba
Mengeluarkan barang bawaan tamu (unloading luggage)
          1.     Doorman
a.              Menyambut dan memberikan salam pada tamu
Doorman harus menyambut dan memberikan salam kepada tamu. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesan ramah dan agar tamu merasa tersanjung, jika mengetahui dan menyebutkan nama tamu tersebut.
b.              Membukakan dan menutupkan pintu kendaraan
Saat tamu tiba dengan mobil atau taxi, pastikan agar kendaraan benarbenar berhenti sebelum pintu kendaraan dibuka. Bantu tamu untuk keluar dari kendaraan dengan membukakan pintu kendaraan. Setelah tamu turun/ keluar dari kendaraannya, tutup pintu mobil dengan hati-hati dan pastikan bahwa pakaian yang dikenakan tidak tersangkut atau terjepit pintu mobil. Berikan bantuan lebih bagi tamu orang tua, anak-anak, wanita hamil, dan tamu yang cacat atau tamu yang menggunakan tongkat. Kemudian, memanggil petugas bellboy bila tamu membawa barang bawaan.


c.              Bellboy
Petugas bellboy segera mengeluarkan barang bawaan tamu dengan hati-hati dan menghindari benturan agar tidak terjadi kerusakan pada barang bawaan tamu.


d.              Menempatkan barang
Tempatkan barang pada tempat yang aman di area pintu utama hotel dan minta tamu untuk memeriksa barang bawaannya.Jika barang bawaan tamu sebelumnya telah rusak, beri tahu tamu dengan sopan akan hal tersebut, agar hotel tidak bertanggung jawab atas kerusakan tersebut dan pastikan agar tidak ada lagi barang yang tertinggal di dalam kendaraan atau bagasi kendaraan. Kemudian, bawa barang ke lobby. Bila barang bawaan tamu cukup banyak, maka gunakanlah kereta barang. Bila pintu utama tidak dapat terbuka secara otomatis, maka bukakan pintu dan persilakan tamu masuk terlebih dahulu.





SUSULAN PAS GANJIL 2020/2021 KELAS X SELASA 15 DESEMBER 2020

  KERJAKAN SOAL SUSULAN PAS SESUAI DENGAN MATA PELAJARAN BELUM KALIAN IKUTI, JANGAN MEMAKAI UCBROWSER JIKA MENGERJAKAN PAS, KARENA NILAI TID...