KELAS
DARING
KELAS XI
SEMESTER GENAP 2019/2020
SMK
NEGERI 2 BAGOR
NAMA KELAS : XI PERHOTELAN 2
NAMA GURU : RISA UMAMI, S.Pd.,Gr
JUDUL MATERI : MENANGANI BARANG BAWAAN TAMU
MATERI :
Teknik Penanganan Barang Bawaan
Tamu
Penanganan barang
tamu harus dilakukan dengan hati-hati dan sangat membutuhkan perhatian khusus.
Hal ini sering dikenal dengan istilah ”handling
with care”. Ada beberapa alasan mengapa barang tamu memerlukan penanganan
khusus.
a.
Expense/biaya adalah dikarenakan barang tamu bernilai
mahal. Oleh sebab itu, memerlukan penanganan yang hati-hati.
b.
Limiting expenses/ biaya yang
terbatas. Dengan
penanganan dan perhatian yang baik selama penanganan barang tamu maka dapat
menekan pengeluaran. Sebab bila bellboy tidak
hati-hati dalam penanganan barang tamu dan terjadi kerusakan pada barang, maka
hotel akan bertanggung jawab dan mengganti barang tersebut.
Adapun metode penanganan barang
bawaan tamu yaitu:
Lifting adalah teknik
mengangkat barang tamu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam
mengangkat barang bawaan tamu dengan mengenali tanda yang ada pada barang
seperti berikut ini.
Stacking adalah teknik
meletakkan atau menumpuk barang dengan cara yang benar dan tepat untuk
menghindari kerusakan atau keretakan pada barang. Teknik meletakkan barang
tersebut juga berlaku bagi bellboy bila
meletakkan barang pada kereta barang dan pada bagasi bus atau taxi.
•
Menumpuk dan meletakkan tas/ barang yang paling keras di bagian bawah.
•
Menumpuk dan meletakkan tas/ barang yang paling tebal di bagian bawah.
•
Menumpuk dan meletakkan tas/ barang yang paling besar di bagian bawah.
Penanganan barang tamu individu tiba
Mengeluarkan barang
bawaan tamu (unloading luggage)
1. Doorman
a.
Menyambut dan memberikan salam pada tamu
Doorman harus
menyambut dan memberikan salam kepada tamu. Hal ini dilakukan untuk memberikan
kesan ramah dan agar tamu merasa tersanjung, jika mengetahui dan menyebutkan
nama tamu tersebut.
b.
Membukakan dan menutupkan pintu kendaraan
Saat tamu tiba
dengan mobil atau taxi, pastikan agar kendaraan benarbenar berhenti sebelum
pintu kendaraan dibuka. Bantu tamu untuk keluar dari kendaraan dengan
membukakan pintu kendaraan. Setelah tamu turun/ keluar dari kendaraannya, tutup
pintu mobil dengan hati-hati dan pastikan bahwa pakaian yang dikenakan tidak
tersangkut atau terjepit pintu mobil. Berikan bantuan lebih bagi tamu orang
tua, anak-anak, wanita hamil, dan tamu yang cacat atau tamu yang menggunakan
tongkat. Kemudian, memanggil petugas bellboy
bila tamu membawa barang bawaan.
c.
Bellboy
Petugas bellboy segera mengeluarkan barang
bawaan tamu dengan hati-hati dan menghindari benturan agar tidak terjadi
kerusakan pada barang bawaan tamu.
d.
Menempatkan barang
Tempatkan barang
pada tempat yang aman di area pintu utama hotel dan minta tamu untuk memeriksa
barang bawaannya.Jika barang bawaan tamu sebelumnya telah rusak, beri tahu tamu
dengan sopan akan hal tersebut, agar hotel tidak bertanggung jawab atas
kerusakan tersebut dan pastikan agar tidak ada lagi barang yang tertinggal di
dalam kendaraan atau bagasi kendaraan. Kemudian, bawa barang ke lobby. Bila
barang bawaan tamu cukup banyak, maka gunakanlah kereta barang. Bila pintu
utama tidak dapat terbuka secara otomatis, maka bukakan pintu dan persilakan
tamu masuk terlebih dahulu.