KELAS
DARING
KELAS XI
SEMESTER GENAP 2019/2020
SMK
NEGERI 2 BAGOR
NAMA KELAS : XI PERHOTELAN 1
NAMA GURU : RISA UMAMI, S.Pd.,Gr
JUDUL MATERI : Menganalisis
kebutuhan SDM di industri perhotelan
HUBUNGAN KERJA DAN URAIAN
a. Hubungan
Kerja
Keberhasilan
operasi suatu Hotel secara keseluruhan tidak dapat dilaksanakan oleh satu
bagian saja, tetapi oleh seluruh bagian. Demikian pula bagi Tata Hidangan perlu
saling berhubungan dengan bagian-bagian lainnya seperti dengan kantor depan,
tata graha, pengadaan, keuangan, keamanan,
teknik dan sebagainya dan sangat bergantung dari besar dan kecilnya
struktur organisasi hotel.
1. Housekeeping Department
Departemen ini
bertanggung jawab terhadap kebersihan, dan kerapihan dan keindahan
ruangan-ruangan yang ada di banquet area tanpa melupakan tugas-tugas pokok,
serta melakukan vacuum cleaner terhadap karpet yang akan digunakan.
2. Engineering Department
Departmen ini
bertugas dan bertanggung jawab dalam hal pengadaan penerangan atau tata cahaya,
sound system, air conditioner, mic dan
lain-lain yang menyangkut keperluan teknis lainnya.
3. Food and Beverage Department
Ada tiga hal
pokok yang perlu diperhatikan dalam operasional banquet untuk menentukan
keberhasilannya, masing-masing yaitu Steward, bagian ini uang menyediakan
peralatan yang dibutuhkan oleh banquet untuk makanan dan minuman serta
perncucian peralatan kotor setelah digunakan. Sedangkan pada bagian pengolahan
makanan dalam hal pengadaan bahan serta penyajian makanan, baik dalam event
kecil seperti coffee break atau pada acara pernikahan antara lain yang
ditugaskan oleh main kitchen. Bagian
lain yang tidak kalah pentingnya adalah bar, disebabkan bar yang bertanggung
jawab pada pengadaan minuman apabila terdapat acara-acara cocktail party atau lainnya, kecuali dari pihak tamu atau
penyelenggara yang hanya memesan air es saja.
4. Accounting Department
Dalam mengurus
pembayaran banquet dibantu oleh banquet restaurant bar cashier yang berada di
room service. Apabila ada tamu yang langsung membayar melalui staff banquet yang kemudian diserahkan
ke restaurant bar cashier. Tetapi jika pembayaran tidak langsung di hotel
tersebut maka akan ditangani oleh bagian yang disebut bill collector untuk
menagih ke alamat yang bertanggung jawab atas adanya event di hotel tersebut.
5. Front Office Department
Yang tidak kalah
pentingnya dalam mebantu kelancaran suatu event di banquet adalah front office
department. Yang dalam hal ini membantu memberikan informasi dan menyediakan
kamar-kamar untuk panitia maupun peserta yang mengadakan acara di banquet,
khususnya pada acara-acara besar seperti pernikahan, seminar, gala dinner, dan
lainlain.
6. Sales and Marketing Department
Membantu dalam hal
penjualan produk-produk banquet dan juga membantu mempromosikan produk-produk
tersebut guna meningkatkan pendapatan hotel.
b. Uraian Tugas
Pembagian uraian
tugas dan tanggung jawab pada Hotel adalah sebagai berikut :
1. General Manager
Fungsi, wewenang dan
tanggungjawab General Manager adalah
sebagai pemimpin utama dalam hotel yang bertugas memberikan arahan serta
mengawasi pelaksanaan seluruh kegiatan dilapangan baik menyangkut operasional
hotel itu sendiri maupun sistem pelaporan dan hal-hal administrative lainnya
sekaligus sebagai pengambil keputusan. General Manager bertanggungjawab kepada
pihak pemegang saham Hotel
2. Executive Secretary
Executive Secretary bertugas membantu General Manager khususnya dalam hal administrasi.
Secretary juga bertugas menemani/mendampingi General Manager di saat
tugas-tugas eksteren yang bertanggungjawab terhadap General Manager.
3. Executive Assistant Manager
Tugas, wewenang dan
tanggungjawab Executive Assistant Manager
adalah :
a. Menjalankan perintah
yang di sampaikan oleh General Manager
dan selanjutnya meneruskan kepada Manager.
b. Executive Assistant Manager, bertanggungjawab kepada General Manager.
c. Menyampaikan laporan
yang dibuat oleh para Manager.
d. Mengambil alih tugas
General Manager apabila sewaktu-waktu General Manager berhalangan.
4. Human Resources Departement
Human Resources Departement merupakan bagian yang bertanggung-jawab dalam hal
ini seperti pelatihan karyawan, bagian administrasi yang bertanggungjawab atas
segala urusan yang berhubungan dengan tata administrasi hotel, dan
bertanggungjawab terhadap keseluruhan keamanan hotel. Bagian ini merupakan
bagian yang sangat penting pada hotel karena merupakan bagian pengembangan
karyawan pada hotel.
5. Sales and Marketing Department
Bagian ini adalah divisi yang khusus mengkonsentrasikan
diri pada bidang pemasaran dan penjualan yang mana tugas dan tanggung-jawabnya
adalah melakukan kontrak dengan para relasi yang sudah lama dan akan
menggunakan jasa hotel. Memastikan penjualan kamar memenuhi target, menggiatkan
program promosi, baik kamar maupun makanan/minuman dan konvensi lainnya. Juga bertanggungjawab
dalam mempertahankan hubungan dengan para pelanggan. Mengatur pelaksanaan
proses pemasaran seperti iklan, dan penawaran-penawaran serta menciptakan
hubungan-hubungan baru. Mengorganisasi pelaksanaan even tertentu di hotel dan
melakukan evaluasi terhadap performa produk yang dimiliki oleh hotel.
6. Financial Controller
Tugas dan
tanggungjawab bagian Financial Controller
yaitu :
a. Mencatat transaksi
keuangan setiap hari.
b. Membuat laporan
keuangan setiap bulan dan setiap tahun, kemudian di sampaikan kepada pimpinan
hotel.
7. Executive House Keeper
Sesuai dengan
namanya, bagian tata graha (House Keeper)
bertugas menata rumah dalam arti mengatur peralatan, menjaga kebersihan, agar
hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan. Bagian ini mempunyai tugas
dan tanggungjawab antara lain mengkoordinir pelaksanaan persiapan kamar yang
melaiputi perlengkapan, kerapihan, kebersihan dan kenyamanan guna memastikan
pelayanan maksimal yang diberikan kepada tamu. Selain itu tugasnya juga
meliputi bunatu atau pencucian dan penyetrikaan, penggantian seprai dikamar,
kebersihan area public dan pengontrolan pemakaian mini bar di kamar oleh tamu.
8. Food and Beverage Department
Bagian ini
bertanggungjawab atas operasional pada visi makanan dan minuman yang meliputi
kegiatan di restaurant, room service, konvensi seperti pesta, seminar, ulang
tahun, show, dan lain-lain. Juga turut dalam pelaksanaan tugas di dapur yang
meliputi main kitchen dan pastry serta ruang makan karyawan atau employe dining
room, selain itu tugasnya juga meliputi bagian entertainment seperti bar,
karaoke, dan diskotik.
9. Executive Chef
Bagian ini
bertanggungjawab terhadap seluruh makanan yang disajikan pada Hotel, mulai dari
masakan Indonesia, Chinese, dan masakan Eropa, semuanya dikerjakan oleh
tenagatenaga yang ahli pada bidangnya.
10. Entertainment General Manager
Entertainment General Manager berfungsi untuk
bertanggungjawab terhadap kegiatan hiburan yang diberikan oleh Hotel sekaligus
memperkenalkan keluar Hotel mengenai jenis hiburan yang diberikan serta
melakukan event-event dengan mendatangkan artis, seperti pada bagian Redtro’s
dan D’liquid.
11. Chief Engineering
Bagian ini
bertanggung jawab terhadap pelaksanaan perbaikan dan perawatan perlengkapan
yang ada di kamar dan peralatan, mesin-mesin, computer, audio visual, pendingin
dan alat elektronik lainnya yang ada di seluruh hotel serta cat hotel yang
sering mengalami perubahan sesuai event yang sedang dilaksanakan.
12. Front Office Manager.
Front Office Manager memiliki tugas dan tanggungjawab seperti berikut :
a. Menjual kamar, tugas
ini antara lain menerima pemesanan kamar, menangani tamu yang tanpa pemesan
kamar, melaksanakan pendaftaran, dan penentuan kamar.
b. Memberikan informasi
tentang pelayanan hotel.
c. Mengkoordinir
pelayanan tamu, antara lain sebagai penghubung antara bagian-bagian di hotel
menangani berbagai masalah dan keluhan tamu.
d. Menyusun laporan
status kamar dan mengkoordinasikan penjualan kamar dengan bagian house keeping.
e. Menyelenggarakan
pembayaran tamu.
f. Menyusun riwayat
kunjungan tamu antara lain melakukan pencatatan data-data individu untuk
kunjungan akan datang, dan menyelenggarakan arsip kartu riwayat kunjungan tamu.
g. Menangani telephone switch board, telex, dan
telegram.
h. Menangani
barang-barang bawaan tamu.
3) Peraturan Ketenagakerjaan (Sumber Daya Manusia/SDM)
Usaha perhotelan dalam kegiatannya selalu membutuhkan jumlah tenaga kerja
yang tidak sedikit dan tidak dapat digantikan oleh tenaga pengganti manusia,
mengingat sifat industry hotel yang memerlukan jasa pelayanan tenaga manusia
yang professional, tegas namun ramah dan menjalin hubungan yang baik pada saat
yang bersamaan. Oleh karena itu komputerisasi hanya dapat dilakukan pada bidang
yang bersifat administrasi dan finansial dengan tujuan mempermudah tenaga
manusia dalam melaksanakan tugasnya sehingga karyawan/wati hotel tersebut
mempunyai lebih banyak waktu dan kesempatan membina hubungan baik dengan tamu
dalam bentuk pemberian pelayanan yang memuaskan pelanggan (Human
Relations).