Senin, 04 Mei 2020

PRODUK KREATIF KELAS XI ( Proses kerja pembuatan contoh produk barang / jasa, SITI AMBARUKMI, SE )


                                                      KELAS DARING
KELAS XI SEMESTER GENAP 2019/2020
SMK NEGERI 2 BAGOR

NAMA KELAS     : XI Perhotelan 1, XI Perhotelan 2, XI ALSINTAN
NAMA GURU     : SITI AMBARUKMI, SE
JUDUL MATERI  : Proses kerja pembuatan contoh produk barang / jasa
TANGGAL            : SELASA, 5 Mei 2020
                                  KAMIS , 7 Mei  2020

MATERI :
LEMBAR KERJA/GAMBAR KERJA UNTUK PEMBUATAN CONTOH PRODUK BATRANG/JASA


1.   SIKLUS HIDUP PRODUK
Siklus hidup suatu produk mungkin saja berusia beberapa jam,bulan,tahun,decade. Terlepas dari panjangnya siklus hidup suatu produk, Manajer produksi harus selalu memikirkan strategi tentang produk baru, karena strategi akan selalu beubah seiring dengn berubahnya suatu produk.
                Berikut ini adalah siklus hidup suatu produk:

1.       Fase perkenalan
2.       Fase pertumbuhan
3.       Fase kematangan
4.       Fase penurunan


2.   MENGHASILKAN PRODUK BARU
Dalam menghsilkan produk baru, ada beberapa faktor faktor yang harus diperhatikan, antara lain yaitu:
a.       Memahami pasar/pelanggan
b.       Perubahan ekonomis
c.       Perubahan sosiologis dan demografis
d.       Perubahan teknologi
e.       Perubahan politik
f.        Perubahan lainnya, seperti kebiasaan pasar, standart profesional,pemasok dan distributor

3.   PENGEMBANGAN PRODUK
SISTEM PENGEMBANGAN PRODUK
                Suatu sistem pengembangan produk sangat menentukan keberhasilan dan juga masa depan dari produk itu sendiri. Ebuah perusahaan harus memiliki dana untuk mengembangkan produk, memahami perubahan yang terus terjadi, mempunyai potensi yang diperlukan,dan juga sumber daya.
                                QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)
                                                QFD adalah proses menetapkan permintaan pelanggan dan menerjemahkan
Keinginan pelanggan ke dalam atribut yang dapat dipahami dan dilaksanakan oleh setiap bagiam fungsional. Suatu perangkat QFD adalah Rumah Kualitas, yaitu begian dari proses penyebaran fungsi kualitas yang menggunakan matriks perencanaan untu menghubungkan keinginan pelanggan dengan bagamana peruahaan kakn memenuhi keinginan tersebut.
TIM PENGEMBANGAN PRODUK
                   Tim pengembangan produk bertanggung jawabmengubar permintaan pasar menjadi sebuah produk yang dapat mencapai tahap keberhailan. Tim ini terdiri atas perwakilan dari pemasaran,produksi,pembelian,penjamin kualitas dan pelayanan lapangan. Banyak juga tim yang memasukkan perwakilan dari para penyedia baran atau jasa.
KEMAMPUAN UNTUK DIPRODUKSI DAN REKAYASA NILAI
                Kemampuan untuk diproduksi dan rekayasa nilai berkenaan dengan peningkatan dalam hal desain dan spesifikasi pada tahap pengembangan produk, mulai dari penelitian, pengembangan, desain, dan produksi. Selain pengurangan biaya yang nyata dan langsung terlihat, desain sedemikian hingga barang layak diproduksi dan rekayasa nilai juga menghasilkan keuntungan lain, antara lain:
1.       Mengurangi kerumitan
2.       Standarisasi tambahan dari berbagai komponen
3.       Perbaikan aspek aspek fungsional dari produk
4.       Peningkatan desain pekerjaan dan keamanan pekerjaan
5.       Memudahkan produk untuk dirawat
6.       Desain yang tangguh

4.   DESAIN JASA
Merancang produk jasa merupakan tantangan karena jaa pada umumnya mempunyai karakteristik yang unik. Satu alasan peningatan produktifitas dalam jasa begitu rendah adalah karena baik desain maupun pengantaran produk jasa menyertakan adanya interaksi pelanggan. Walaupun demikian, seperti halnya barang, sebagian besar biaya dan kualitassebuah jasa disefinisikan pada tahap desain.
Pendekatan kedua adalah memodulerkan produk sehingga kustomisasinya dilaksanakan pada perubahan modul. Strategi ini menjadikan modul dirancang sebagai kesatuan standar yang tetap. Pendekatan ketiga pada desain jasa adalah membagi jasa menjadi bagian bagian kecil. Dan mengidentifikasikan bagian bagian yang menyebabkan otomatisasi atau pengurangan interaksi dengan pelanggan.
Teknik yang keempat adalah untuk memfokuskan desain pada apa yang disebut moment of truth. Dimana hubungan antara penyedia jasa dan pelanggan merupakan sesuatu yang sangat penting.
DOKUMEN UNTUK JASA
Dokumentasi pada jasa sering berbentuk peerintah kerja yang          eksplisit yang memerinci apa yang akan terjadi pada moment of truth
PENERAPAN POHON KEPUTUSAN PADA DESAIN PRODUK
                Pohon keputusan sangat bermanfaat terutama saat terdapat serentetan keputusan dan beragam hasil yang mengakibatkan keputusan selanjutya yang diikuti hasil yang lain. Untuk membentuk sebuah pohon keputusan, digunakan prosedur sebagai berikut.
1.       Pastikan semua alternative yang mungkin dan keadaan sudah dimasukkan ke pohon, termasuk alternative untuk tidak melakukan apa apa
2.       Payoff dimasukkan pada akir setiap cabang yang bersesuaian
3.       Tujuannya adalah menetapkan nilai ekspetasi dari setiap tindakan yang ada.
TRANSISI MENUJU PRODUKSI
                Manajemen harus membuat keputusan untuk mengembangkan ide produk tersebut lebih lanjut dan memproduksinya, atau menghentikannya. Saat produk dianggap siap dipasarkan manajemen lini akan menerima tanggung jawab.

LINK SOAL

SUSULAN PAS GANJIL 2020/2021 KELAS X SELASA 15 DESEMBER 2020

  KERJAKAN SOAL SUSULAN PAS SESUAI DENGAN MATA PELAJARAN BELUM KALIAN IKUTI, JANGAN MEMAKAI UCBROWSER JIKA MENGERJAKAN PAS, KARENA NILAI TID...