Minggu, 05 April 2020

KEWIRAUSAHAAN KELAS XI ( Merencanakan Usaha Boga, SRI UTAMI, S.Pd )


KELAS DARING
KELAS XI SEMESTER GENAP 2019/2020
SMK NEGERI 2 BAGOR
Nama kelas : XI tata boga
Nama guru : Sri utami
Judul materi : Merencanakan Usaha Boga
                Ada beberapa aspek yang harus dijalankan/dilakukan perusahaan karena sangat mempengaruhi perkembangan usaha jasa boga yang dikelola, antara lain:
1.Penelitian Pangsa Pasar
                Penelitian pangsa pasar / resert pasar (market reaserch) adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mulai dengan usaha yang akan dijalankan.
a.Penelitian pangsa pasar (market research) merupakan penelitian mengenai konsumen dan pemasaran. Untuk mengetahui selera masyarakat terhadap produk yang akan dipasarkan, dalam reset pasar dapat menggunakan beberapa meto
                •Metoda tanya jawab. Metode tanya jawab dilakukan secara langsung dengan masyarakat disekitar lokasi/tempat yang akan dipilih sebagai lokasi menjalankan usaha. Metode tanya jawab ini akan lebih effektif bila dilakukan dengan membawa contoh produk yang akan diluncurkan.
                •Metode menggunakan kuesioner dilakukan dengan jalan menyebarkan formulir yang berisi beberapa pertanyaan mengenai produk yang akan kita pasarkan; masyarakat diminta untuk mengisi kuesioner yang dibagikan kemudian dikembalikan lagi kepada petugas penelitian untuk diolah datanya.
b.Berapa banyak jumlah masyarakat yang mampu membeli produk yang akan diluncurkan (daya beli masyarakat) Harga dari produk yang akan dipasarkan merupakan faktor utama dalam kelancaran penjualan suatu produk karena itu daya beli masyarakat sekitar harus benar-benar diperhatian.
c.Bagaimana daya saing yang ada
                Untuk menungguli pesaing yang ada selalu usahakan bahwa produk kita kualitasnya lebih baik dari yang dijual lain orang.
d.Dimana lokasi yang tepat untuk memasarkan produk yang akan dipasarkan
                Penentuan lokasi tempat berusaha merupakan faktor yang tidak dapat dikesampingkan. Jangan menjual produk yang hanya bisa dikonsumsi oleh masyarakat kelas menengah ke atas di lingkungan lokasi masyarakat kelas ekonomi lemah.
e.Bagaimana strategi pemasaran yang tepat
                Buat brosur dan pamflet mengenai produk yang akan diluncurkan kemudian bagikan kepada calon pelanggan yang akan kita jadikan sasaran, atau menggunakan jasa orang untuk menyebarkan brosur di tempat-tempat umum. Dapat juga menggunakan media sosial untuk mengenalkan dan memasarkan produk yang akan diluncurka.
2.Kebutuhan Tenaga Kerja
                Perhitungan jumlah tenaga kerja harus dilakukan dengan benar dan teliti agar SDM yang dimiliki dapat bekerja secara optimal. Adapun langkah- langkah penyusunan kebutuhan tenaga kerja untuk setiap unit kerja dalam satu shift adalah :
a)            menetapkan unit kerja beserta kategori tenaganya,
b)            menetapkan waktu kerja yang tersedia selama satu tahun,
c)            menyusun standar beban kerja,
d)            menghitung jumlah jam kerja efektif,
e)            menghitung kebutuhan tenaga kerja per unit kerja.
Di bawah ini diberi contoh untuk menghitung kebutuhan tenaga kerja secara sederhana; untuk menghitung berapa kebutuhan tenaga kerja kita harus melihat beberapa komponen antara lain sbb:
•Jumlah hari dalam 1 tahun (a) =365 hari
•Jumlah hari kerja effektif dalam 1 tahun (b) =275 hari (diperoleh dari jumlah hari dalam satu tahun= 365 hari dikurangi jumlah hari minggu dalam satu tahun= 52 hari, hari libur nasional diprediksi= 15 hari, prediksi mengikuti pelatihan= 3 hari, prediksi ijin sakit= 5 hari, ekstra libur karena tugas malam= 15 hari
•Jumlah jam kerja efektif per hari =7 jam
•Jumlah Jam kerja efektif (e) =5,3 Jam (dari jumlah hari kerja efektif =
275 hari, dikali jam kerja per hari= 7 hari, dibagi jumlah hari dalam setahun= 365 hari) = (275 x 7) : 365 = 5,351 = 5,273 = 5,3
•“h” adalah waktu yang diperlukan dalam menyelesaikan tugas.
“h” diperoleh dari hasil kali antara waktu yg dibutuhkan dalam menyelesaikan tugas untuk satu shift (7 jam) dikali dengan jumlah beban kerja dalam hal ini 3 shift @ 7 jam = 21 jam. Jadi “h” = 7 x 21 = 147
•Selanjutnya rumus yang digunakan dalam menghitung jumlah tenaga
dalam 3 shift adalah :
(a x h) : (bxe) = (365 x 147) : (275 x 5,3) = 53655 : 1457.5 = 36,8
Hasilnya dibulatkan menjadi = 37 orang.
Jadi untuk melaksanakan pengolahan makanan di katering industri untuk 3 shift diperlukan 37 orang tenaga. Untuk setiap shift membutuhkan tenaga pengolahan sebanyak ± 12 orang.
3.Struktur Organisasi
                Organisasi pada usaha penyelenggaraan makanan merupakan suatu sistem pengurusan pelaksanaan kerja agar supaya lebih sistematik.
a.Organisasi Personalia Dapur
                Di Indonesia struktur organisasi dapur ada 2 jenis yaitu susunan organisasi dapur Indonesia dan susunan organisasi dapur kontinental. Untuk efisiensi dalam penyediaan tenaga kerja, dalam dapur produksi yang tidak besar beberapa bagian bisa dijadikan satu.
1) Struktur Organisasi Dapur Indonesia
                Susunan organisasi pada dapur Indonesia pada umumnya terdiri dari bagian-bagian: persiapan pengolahan, pengolahan makanan pokok, pengolahan lauk-pauk, pengolahan sayuran/sup/soto, pengolahan kue dan minuman.Dari struktur organisasi tersebut  disusunlah uraian kerja (job description) untuk setiap bagian sehingga masing-masing personil dalam struktur organisasi tersebut dapat bekerja secara maksimal sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.
             Tugas Kepala Dapur
o             Mengorganisasi dapur
o             Menyusun menu
o             Bertanggung jawab atas semua produksi
o             Memesan bahan makanan pada bagian penyimpanan bahan
o             Mengawasi seluruh proses produksi
o             Mengatur personil tugas (staff)
o             Mengatur jadwal personil (staff)
o             Mengajukan pembelian peralatan
             Tugas Wakil Kepala Dapur
o             Sebagai tangan kanan kepala dapur
o             Menggantikan   tugas     kepala   dapur    jika         kepala   dapur berhalangan atau cuti
o             Pengawas langsung proses produksi
             Tugas Kepala Seksi (ka.sie)
o             Bertanggung jawab pada hasil produksi di masing-masing seksinya
o             Memesan bahan makanan kebutuhan seksinya pada kepala dapur
o             Membimbing trainee yang ada di seksinya
             Tugas Wakil Kepala Seksi (wa.ka.sie)
o             Merupakan tangan kanan kepala seksi
o             Menggentikan tugas kepala seksi apabila kepala seksi berhalangan atau cuti
             Tugas Juru Masak
o             Mengolah makanan yang menjadi tanggung jawab seksinya
o             Bertanggung jawab terhadap hasil olahannya
o             Bertanggung jawab atas kebersihan dapur
             Tugas Pembantu Juru Masak
o             Menyiapkan bahan-bahan makanan yang akan diolah
o             Menyiapkan peralatan pengolahan yang akan digunakan
o             Membersihkan dapur setelah selesai digunakan


LINK TUGAS

SUSULAN PAS GANJIL 2020/2021 KELAS X SELASA 15 DESEMBER 2020

  KERJAKAN SOAL SUSULAN PAS SESUAI DENGAN MATA PELAJARAN BELUM KALIAN IKUTI, JANGAN MEMAKAI UCBROWSER JIKA MENGERJAKAN PAS, KARENA NILAI TID...