KELAS
DARING
KELAS
XI SEMESTER GENAP 2019/2020
SMK
NEGERI 2 BAGOR
NAMA
KELAS : XI ATPH - 3
NAMA
GURU : ANA
KUSMA SANTI
JUDUL
MATERI : KEGIATAN PEMBELAJARAN 15. MELAKSANAKAN PEMASARAN
HASIL TANAMAN BUAH SEMUSIM
MATERI :
1. Strategi
dan Perencanaan Pemasaran
a. Analisis Permintaan dan Penawaran
Teori permintaan menjelaskan sifat para
pembeli dalam permintaan suatu barang, sedangkan teori penawaran menjelaskan
sifat para penjual dalam penawaran suatu barang. Teori
permintaan dikenal dengan hukum permintaan yang berbunyi: “ makin tinggi harga
suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang diminta ; sebaliknya makin
rendah harga suatu barang makin banyak jumlah barang yang diminta”.Teori
penawaran menjelaskan sifat hubungan
antara jumlah barang yang ditawarkan dan harganya dikenal dengan hukum
penawaran yang berbunyi : “ makin tinggi harga suatu barang, makin banyak
jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual; sebaliknya makin rendah harga
suatu barang, makin sedikit jumlah barang yang ditawarkan”.
b.
Kurva Permintaan dan Fungsi Permintaan
1)
Harga
barang itu sendiri
2)
Harga
barang-barang lain yang bersifat substitutif terhadap barang tersebut
3)
Pendapatan
rumah-tangga atau pendapatan masyarakat
4)
Selera
seseorang atau masyarakat
5)
Jumlah
penduduk.
Kurve
Permintaan
Kurve permintaan adalah suatu kurve yang
menggambarkan sifat hubungan antara harga suatu barang dan jumlah barang
tersebut yang diminta oleh para pembeli. Kurve permintaan dibuat berdasarkan
data riel di masyarakat tentang jumlah permintaan suatu barang pada berbagai
tingkat harga.
Fungsi
Permintaan
Fungsi permintaan ( demand function) adalah
persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dan
semua faktor-faktor yang mempengaruhinya, maka dapat disusun fungsi permintaan umum, sebagai berikut:
Qd = f ( Pq, Ps.i, Y, S, D),
di
mana : Qd = jumlah
barang yang diminta
Pq = harga barang itu sendiri
Ps.i
= harga barang-barang substitusi ( i =
1,2,…,n)
Y
= pendapatan
S
= selera
D
= jumlah
penduduk.
Fungsi permintaan tersebut merupakan
fungsi umum sehingga belum bisa mem-berikan keterangan secara spesifik seberapa
besar pengaruh dari masing-masing faktor tersebut.
c.
Permintaan dan Penawaran Pasar
Permintaan pasar adalah penjumlahan
permintaan individu di suatu pasar, misal,
di suatu pasar gula pasir terdapat dua individu , yaitu Ali dan Badu, yang
memiliki sifat permintaan gula pasir berbeda. Untuk memperoleh permintaan
pasar, kita dapat menjumlahkan permintaan ke dua individu tersebut. Sehingga,
kurve permintaan pasar adalah penjumlahan horizontal kurve-kurve permintaan
individu. Seperti halnya permintaan pasar, penawaran pasar juga merupakan
penjumlahan penawaran barang dari semua penjual di suatu pasar.
d.
Menyusun
rencana pemasaran
Suatu rencana pemasaran pada umumnya
berisi delapan bagian, yakni : Ringkasan Eksekutif; Analisis Situasi; Analisis
SWOT dan Analisis Masalah; Sasaran Pemasaran; Strategi Pemasaran; Program Aksi;
Proyeksi Rugi Laba; dan Pengawasan (Kotler, 1994). Masing-masing bagian
tersebut akan diuraikan di bawah ini.
1)
Ringkasan Eksekutif. Ringkasan eksekutif tersebut
merupakan ikhtisar dari seluruh rencana pemasaran yang telah dibuat, sehingga
dapat memberikan gambaran mengenai hal-hal pokok isi rencana pemasaran
tersebut.
2)
Analisis Situasi. Menyajikan data dan informasi
mengenai situasi pemasaran, meliputi :
a)
Situasi Pasar.
Data dan informasi mengenai besar dan pertumbuhan pasar selama beberapa tahun
dan kecenderungannya pada beberapa tahun mendatang, serta kecenderungan
perubahan persepsi dan perilaku konsumen.
b)
Situasi Produk. Data perkembangan penjualan, tingkat
harga, marjin kontribusi, dan keuntungan.
c)
Situasi Persaingan. Data pesaing menyangkut,
kapsitas, pangsa pasar, tujuan dan strategi, mutu produk, dan berbagai
karakteristik pesaing yang relevan.
d)
Situasi Distribusi. Jenis, jumlah, wilayah dan
peranan saluran distribusi
(mis. sumber informasi, sarana promosi, berusaha menambah pembeli, melakukan
penyesuaian, melakukan negosiasi harga dan cara pembayaran, melakukan
distribusi fisik saja, melakukan pembiayaan distribusi, dan atau turut
menanggung resiko.Situasi Lingkungan Makro. Situasi lingkungan demografi,
ekonomi, sosial budaya, politik, hukum, hankam, dan teknologi.
3)
Analisis kekuatan dan kelemahan.
Melakukan
identifikasi dan analisis terhadap peluang dan ancaman yang mungkin dihadapi
oleh perusahaan sebagai hasil intraksi lingkungan eksternal yang dapat
mempengaruhi kinerja perusahaan. Pengaruh hasil intraksi lingkungan internal
perusahaan juga perlu diidentifikasi dan dianalisis berupa kekuatan dan
kelemahan. Kemudian dilakukan perumusan masalah-masalah pokok yang harus
dijadikan dasar dalam penentuan sasaran, strategi dan rencana aksi/taktik.
4)
Sasaran.
Mendefinisikan
sasaran (tujuan) yang ingin dicapai, baik sasaran keuangan maupun sasaran
pemasaran. Sasaran keuangan antara lain : ROI, Arus kas, dan keuntungan.
Sasaran pemasaran antara lain adalah target dan pertumbuhan penjualan, pangsa
pasar, jangkauan pemasaran, jumlah saluran distribusi, tingkat harga, dll.
5)
Strategi Pemasaran.
Strategi
pemasaran dirumuskan berdasarkan SWOT dan sasaran yang ingin dicapai, dan
penetapannya terutama didasarkan pada pertimbangan biaya dan manfaat, serta
kemampuan sumberdaya untuk melaksanakannya. Contoh strategi pemasaran buah semangka
dipaparkan di bawah ini. Pasar
sasaran : Kelas menengah ke atas.
a)
Penempatan
: Produk semangka yang kaya vitamin,
manis, enak dan murah
b)
Lini
produk : Melakukan diversifikasi merek dan kemasan untuk membedakan segmen
pasar kelas menengah dan kelas bawah dan dengan harga yang berbeda.
c)
Harga
: Sedikit lebih rendah dari harga pesaing
d)
Saluran
distribusi : Konsentrasi pada warung-warung, grosir, dan warung pasar.
e)
Tenaga
penjual : Menambah jumlah dan meningkatkan kemampuan tenaga penjual serta
memberikan insentif yang baik.
f)
Pelayanan
: Produk mudah dan murah untuk diperoleh.
g)
Promosi
: Meningkatkan anggaran promosi untuk mencetak leaflet/ spanduk kecil yang akan
ditempatkan di warung-warung, serta untuk hadiah.
h)
Litbang
: Menaikkan anggaran sebesar 10% untuk menyempurnakan disain label kemasan
untuk segmen kelas menengah.
i)
Riset
Pemasaran : Menekankan pada kegiatan marketing intelegent untuk mengamati
gerak-gerik pesaing, serta melakukan jajak pendapat mengenai persepsi konsumen
terhadap produk sop buah.
6)
Program Aksi. Berisi rincian setiap unsur dari
strategi pemasaran yang telah disusun, terutama untuk menjawab apa yang akan
dilakukan, kapan dilakukan, siapa yang melakukan, dan berapa biayanya?.
7)
Proyeksi Rugi Laba
8)
Pengendalian, Menyusun
rencana evaluasi dan monitoring secara berkala mengenai pelaksanaan rencana
2. Penjualan buah semusim
Untuk
melakukan pemasaran/penjualan produk/buah sebaiknya dilakukan Survey Pasar. Tujuan Survey Pasar adalah untuk mengetahui seberapa besar minat
konsumen terhadap produk yang akan kita usahakan? Berapa besar potensi pasar?
Jenis kegiatan apa yang mereka sukai/senangi. Berapa besar budget yang bersedia
mereka belanjakan? Berapa lama kegiatan yang mereka inginkan