Senin, 20 April 2020

PRODUK KREATIF KELAS XI ( Daur hidup produk, SITI AMBRUKMI, SE )


KELAS DARING
KELAS X SEMESTER GENAP 2019/2020
SMK NEGERI 2 BAGOR

NAMA KELAS     : XI Perhotelan 1, XI Perhotelan 2, XI ALSINTAN
NAMA GURU     : SITI AMBARUKMI, SE
JUDUL MATERI  : Daur hidup produk
TANGGAL            : SELASA, 21 April 2020
                                  KAMIS , 23 April 2020

MATERI :
                                                DAUR HIDUP PRODUK
             
             Tahapan daur hidup produk
Menurut Basu Swastha daur hidup produk dibagi menjadi 4 tahap yaitu :
1.       Tahap pekenalan
2.       Tahap pertumbuhan
3.       Tahap kedewasaan
4.       Tahap kemunduran

                                           Transformasi dari invention menuju innovation
Pengembangan produk atau jasa akan melalui tahap yang dinamakan invention yaitu proses menemukan suatu tehnologi dari tdk ada menjadi ada.Sedangkan innovation adalah proses pembaharuan dari invention. Sebagai contoh temuan teknologi bluetooth pada HP.Contoh lain adalah produk minuman atau makanan yang terus melakukan riset dan pengembangan untuk menciptakan produk,kemasan,strategi pemasaran dll.
Peran unit research & developmen ( R & D )
Ada tiga faktor yang dipertimbangkan bagi unit ( R & D ) dalam usahanya menerapkan formulasi strategi yaitu :
a.       Kompetensi teknis
b.       Kebutuhan pasar
c.       Corporate interest
                                           Bidang R & D meliputi 4 laboratorium dengan masing masing fungsinya :
1.       Business strategy, yaitu melaksanakan riset dan pengembangan bisnis
2.       Business performance, yaitu melakukan evaluasi dan identifikasi performansi bisnis
3.       Business competitiveness, yaitu menyediakan data pasar ,pelanggan, dan kompetitor yang kompetitif
4.       Industrial partnership, yaitu melakukan pengembangan hubungan kemitraan yang strategis dengan institusi yang relevan

                                             Inovasi technologi push vs need pull
                                             Pada tahap eksplorasi ada 3 pola proses pengenalan dan pengembangan     produk / jasa yaitu :
1.       Menarik pasar
2.       Mendorong teknologi
3.       Antar fungsional
                                            
                                            Lead user research
                                            Melalui metodologi lead user didapatkan beberapa manfaat, diantaranya ;
1.       Memperoleh akses informasi yang lebih kaya dan reliable
2.       Pengembangan konsep produk / jasa yang lebih baik
3.       Akselerasi proses pengembangan produk / jasa
                                     Ada 4 tahap yang dilakukan dalam lead user research :
                                    Stage 1 – project planning ( 4 – 6 minggu)
                                    Stage 2 – trends / needs identification ( 5 – 6 minggu )
                                        Stage 3 – preliminary concept generation ( 5 – 6 minggu )
                                    Stage 4 – Final concept development ( 5 – 6 minggu )


SUSULAN PAS GANJIL 2020/2021 KELAS X SELASA 15 DESEMBER 2020

  KERJAKAN SOAL SUSULAN PAS SESUAI DENGAN MATA PELAJARAN BELUM KALIAN IKUTI, JANGAN MEMAKAI UCBROWSER JIKA MENGERJAKAN PAS, KARENA NILAI TID...