Rabu, 01 April 2020

KWU PRODUKTIF KELAS XI ( Analisis peluang usaha, Septa Wahyu Andhika S.Sn )


KELAS DARING
KELAS XI SEMESTER GENAP 2019/2020
SMK NEGERI 2 BAGOR

NAMA KELAS     : XI ATPH 3
NAMA GURU     : Septa Wahyu Andhika S.Sn
JUDUL MATERI  : Analisis peluang usaha
TANGGAL            : KAMIS, 2 April 2020

MATERI :
Analisis peluang usaha
Analisis  peluang  usaha  adalah  suatu  analisis  yang  bertujuan  untuk
mengetahui apakah usaha tersebut dapat dikerjakan, dilaksanakan, dan/atau
memberikan keuntungan dikemudian hari.
 
Banyak  peluang  usaha  yang  ada  di  sekitar  kita,  asal mau  mencari
dan   bertanya.   Sebagai    orang   yang    kreatif,   calon wirausahawan  akan
mampu    melihat    begitu    banyak    peluang    usaha  yang  berpotensi  untuk
diciptakan. Cara mengidentifikasi peluang usaha  atau  bisnis  yang  ada  bisa
dicari,  asal  wirausahawan mau  bekerja keras, ulet,  dan percaya kepada
kemampuan diri sendiri. untuk  menggali  dan  memanfaatkan  peluang  usaha,
seorang wirausaha harus berpikir positif dan kreatif, yaitu dengan cara:
1.  percaya bahwa usaha dapat dilaksanakan;
2.  menerima gagasan baru;
3.  bertanya pada diri sendiri;
4.  mendengarkan saran orang lain;
5.  memiliki etos kerja tinggi;
6.  pandai berkomunikasi
Menurut  Paul    Charlap,    ada  4  (empat) rumusan    mencapai    sukses,  yang
mencakup:
1.  Work hard (bekerja keras)
2.  Work smart (bekerja cerdas)
3.  Enthusiasm (kegairahan)
4.  Service (pelayanan)
  Ketika  muncul  peluang  usaha  baru,  Anda harus  segera  membuat
inisiatif  dengan merencanakan apa  saja yang  akan dilakukan  untuk
melaksanakan  peluang  tersebut.  Pengenalan  diri, mengenali  lingkungannya,
mengindera    peluang    usaha,    dan  mengerahkan    sumber    daya    merupakan
modal awal untuk meraih peluang  usaha  yang  ada. Seorang wirausahawan
harus    memiliki    pengetahuan    dan keterampilan  yang    cukup    untuk
mengarahkan  dirinya  guna  memperoleh peluang,  menyusun  konsep  usaha,
merencanakan   masuk    pasar, mengembangkan   diri    serta    dibekali   dengan
teknik-teknik  usaha tertentu.  Banyak  jenis  usaha  yang  bisa  dikelola,  mana
yang akan dipilih bergantung pada beberapa hal, antara lain:
a.  minat seseorang;
b.  modal yang dimiliki;
c.  relasi yang dimiliki;
d.  dan berbagai peluang lainnya.
Setiap    usaha    yang    dijalani    pasti    berorientasi    ingin    mencari
keuntungan.  Namun,  saat  Anda  berusaha,  tidak  akan  terlepas  dari risiko
yang   akan  dihadapi.  Hal   tersebut   tidak   perlu   dicemaskan karena  hanya
akan    memperlambat    dan    menghambat    usaha.    Untuk  mengantisipasinya,
persiapkan perhitungkan secara  matang langkah usaha yang akan ditempuh
sehingga akan mengurangi risiko yang dihadapi. Ketersediaan informasi  bagi
seorang wirausaha mutlak diperlukan.
  Setelah    seorang    wirausaha    mewujudkan    ide    dan    peluang  usaha
tersebut, sebaiknya  mulailah dari usaha yang  berskala kecil terlebih dahulu.
Disamping  memperkecil    risiko,    langkah    tersebut  juga  dapat  membantu
mendayagunakan modal dalam memantapkan strategi usaha.
Tujuan  disusunnya  analisis  peluang  usaha  adalah  untuk  memastikan
apakah suatu  usaha layak atau  tidak  untuk  dilaksanakan, serta  mengetahui
prospek usahanya.  Analisis bisa dilakukan dengan  melaksanankan observasi
langsung    ke  konsumen   dengan  tujuan untuk    mengetahui    keinginan   dan
kebutuhan yang ada di masyarakat.
Setelah    mengobservasi,    kita    membagi    atau    membuat  segmentasi
konsumen sehingga target konsumen dan keuntungan pun lebih mudah diraih.
Oleh  karena  itu,  wirausahawan  harus jeli  terhadap  perubahan  yang  terjadi
di    masyarakat,    seperti;  selera    konsumen,  kebiasaan  masyarakat,    saluran
distribusi,    serta  perubahan  teknologi  dan  komunikasi.  Kesimpulannya,  produk 
yang dibuat harus mampu menarik konsumen dengan cara :  
a.  memilih   dan    membuat   produk   yang   bermanfaat,   berkualitas, dan laku
terjual dengan harga bersaing;
b.  membuat desain baru dengan harga terjangkau;
c.  membuat produk lebih cepat dan murah;
d.  memilih dan menentukan wilayah pemasaran yang lebih menguntungkan.

Peluang  usaha  baru  dapat  muncul  dari  sekitar  kita  bahkan  dari  situasi
yang  kita  tidak  pernah  kita duga  sekalipun.  Untuk mengembangkan  ide  atau
gagasan tentang peluang usaha kita harus ber[ikir secara :
# Positif, arahkan pada hal-hal yang mempermudah dan bermanfaat
# Kreatif, arahkan pada hal-hal yang dapat tertarik akan produk kita
# Inovatif, arahkan pada penciptaan produk baru yang berguna di masyarakat
# Inisiatif, langsung bergerak jangan ditunda lagi
# Fleksibel, sesuaikan dengan perubahan yang terjadi.
# Responsif, dapat selalu mengikuti perkembangan yang terjadi


Metode yang bisa diterapkan untuk upaya tersebut diantaranya adalah analisis
SWOT. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui:
a.  Strengths adalah  kekuatan internal tentang  apa  yang  akan  mendukung
usaha kita untuk mencapai sasaran.
b.  Weakness adalah  kelemahan internal tentang  apa  yang  membatasi  atau
menghambat usaha.
c.  Opportunies  adalah    peluang  eskternal  tentang  apa    saja    yang
menguntungkan dan sesuai dengan kemampuan.
d.  Threats adalah ancaman  apa  saja yang  terjadi  saat memulai usaha bisa
munculnya pesaing.
Setelah melaksanakan analisis SWOT seorang wirausahawan bisa memberikan
kesimpulan tentang usaha atau produk tersebut ke depannya.

Wirausaha juga bisa menggunakan analisis 5 W + 1 H, yang terdiri atas :
What    = jenis usaha apa yang akan kita ambil
Why    = kenapa memilih usaha tersebut
When    = kapan akan memulai usaha tersebut
Where   = di mana lokasi usaha
Who    = siapa yang akan terlibat dalam usahanya
How    = bagaimana proses produksinya
Langkah  selanjutnya  setelah  melakukan  analisis  peluang  usaha  adalah
melakukan analisis kelayakan usaha. Dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1.  amati  kebutuhan  apa  yang  paling  banyak  diperlukan  oleh  masyarakat
sekitarnya,
2.  kapan saja mereka membutuhkan barang tersebut,
3.  lihat karakteristik konsumen, seperti kebutuhannya apa saja, jadi produknya
bisa disesuaikan dengan segmen konsumennya
4.  bagaimana  daya  beli  konsumen,  dan  bagaimana  pembuatannya  apakah
berkualitas atau tidak
5.  lihat ada pesainnya atau tidak , cari peluang pasar yang belum digarap oleh pesaing





SUSULAN PAS GANJIL 2020/2021 KELAS X SELASA 15 DESEMBER 2020

  KERJAKAN SOAL SUSULAN PAS SESUAI DENGAN MATA PELAJARAN BELUM KALIAN IKUTI, JANGAN MEMAKAI UCBROWSER JIKA MENGERJAKAN PAS, KARENA NILAI TID...