Senin, 27 April 2020

KIP KELAS X ( MENANGANI KELUHAN PADA KONSUMEN, PUJI RAHAYU TRIASTUTI)


KELAS DARING
KELAS X SEMESTER GENAP 2019/2020
SMK NEGERI 2 BAGOR

NAMA KELAS     : X APH
NAMA GURU     : PUJI RAHAYU TRIASTUTI
JUDUL MATERI  : MENANGANI KELUHAN PADA KONSUMEN


MATERI :
Pengertian Tata Hubungan Komunikasi

Secara umum tata hubungan komunikasi dapat diartikan sebagi suatu proses, pengaturan, dan saluran penyampaian warta, informasi, berita, pesan atau keterangan yang mengandung arti dan kegunaan dalam rangka aktivitas kehidupan manusia sebagai mahluk social.
Tata hubungan komunikasi sangat penting dalam rangka menjalin kerjasama dan integrasi social. Pentingnya tata hubungan komunikasi dalam mewujudkan kerjasama dan integrasi social dapat dilihat dalam hal-hal berikut ini.
a.    Komunikasi dapat menimbulkan rasa kesetiakawanan, solidaritas dan loyalitas dalam kehidupan sosial.
b.    Komunikasi dapat meningkatkan kegairahan dalam menjalin hubungan kerja sama antar sesama manusia
c.    Komunikasi dapat meningkatkan niali-nilai kebersamaan serta kekeluargaan
d.    Dengan komunikasi kita dapat mengetahui perkembangan sains, teknologi, seni dan budaya masyarakat
e.    Dengan komunikasi kita dapat mengetahui nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat
f.     Dengan komunikasi kita dapat menetahui kebijakan, ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku di dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan bernegara
g.    Dengan komunikasi semua informasi dapat diakses, diketahui dan dimengerti
h.    Komunikasi dapat meningkatkan tanggungjawab moral dan sosial
i.     Komunikasi dapat menimbulkan saling pengertian diantara sesama manusia
j.     Komunikasi merupakan suatu cara untuk memperoleh keterangan yang diperlukan dalam pelaksanaan suatu pekerjaan
k.    Komunikasi merupakan suatu cara untuk mendorong manusia kearah berpikir positif, logis, dan kreatif
l.     Komunikasi adalah suatu cara untuk memenuhi rasa keingintahuan manusia
m.  Komunikasi penting bagi suatu organisasi atau perusahaan sebab merupakan salah satu alat yang utama bagi onggota organisasi untuk bekerjasama
n.    Komunikasi penting bagi proses pengambilan keputusan yang menyangkut kepentingan umum
o.    Komunikasi merupakan media internalisasi, sosialisasi, akulturasi, enkulturasi, adaptasi, dan proses-proses social lainnya
Tata hubungan komunikasi terlihat dari hubungan antara individu dengan individu, hubungan individu dengan kelompok, dan hubungan antara kelompok dengan kelompok. Timbulnya keterhubungan ini  disebsbkan masing-masing orang atau kelompok saling membutuhkan dan saling ketergantungan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan mempertahan kan kehidupan dimuka bumi.    
   

5. Jenis-Jenis Komunikasi
Komunikasi dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis, tergantung dari segi peninjauannya. Ada sepuluh kriteria yang dapat digunakan untuk mengadakan klasifikasi komunikasi.
Kriteria-kriteria komunikasi tersebut adalah:
a.    Jenis komunikasi menurut lawan bicara
~ Komunikasi pribadi
~ Komunikasi umum
 Jenis komunikasi menurut jumlah orang yang berkomunikasi
~ Komunikasi perseorangan
~ Komunikasi kelompok
  Jenis komunikasi menurut cara penyampaian
~ Komunikasi lisan (secara langsung dan tidak langsung)
~ Komunikasi tertulis (gambar atau foto, surat, naskah)
b.    Jenis komunikasi menurut tujuan
~ Komunikasi untuk memberi perintah
~ Komunikasi untuk memberi nasehat atau ucapan selamat
~ Komunikasi untuk memberi saran atau kritik
~ Komunikasi untuk berpidato atau ceramah
~ Komunikasi untuk rapat atau meeting
~ Komunikasi untuk Perundingan
~ Komunikasi untuk wawancara
c.    Jenis komunikasi menurut prosesnya
~ Komunikasi langsung (tanpa perantara atau mediator)
~ Komunikasi tidak langsung (menggunakan mediator)
d.    Jenis komunikasi menurut perilaku
~ Komunikasi formal (lisan maupun tertulis)
~ Komunikasi informal (lisan maupun tertulis)
~ Komunikasi non formal (lisan maupun tertulis)
e.    Jenis komunikasi menurut ruang lingkup
~ Komunikasi internal (berlangsung dalam suatu organisasi)
~ Komunikasi eksternal (berlangsung antara pihak yang berada di dalam  organisasi dengan pihak luar)
f.     Jenis komunikasi menurut aliran informasi
~ Komunikasi vertical kebawah (top-down)
~ Komunikasi vertical keatas (botton-up)
~ Komunikasi horizontal
~ Komunikasi diagonal
~ Komunikasi satu arah dan dua arah
g.    Jenis komunikasi menurut jaringan
~ Komunikasi menurut jaringan kerja rantai
~ Komunikasi menurut jaringan kerja lingkaran
~ Komunikasi menurut jaringan kerja bintang atau roda
h.    Jenis komunikasi menurut total hubungan
~ Komunikasi menurut hubungan tunggal langsung (antara seorang dengan seorang bawahannya)
~ Komunikasi menurut hubungan kelompok langsung.
~ Komunikasi menurut hubungan silang
          

TUGAS (SOAL LATIHAN ESSAY)

        



SUSULAN PAS GANJIL 2020/2021 KELAS X SELASA 15 DESEMBER 2020

  KERJAKAN SOAL SUSULAN PAS SESUAI DENGAN MATA PELAJARAN BELUM KALIAN IKUTI, JANGAN MEMAKAI UCBROWSER JIKA MENGERJAKAN PAS, KARENA NILAI TID...