Minggu, 05 April 2020

KIP KELAS X (KOMUNIKASI,PUJI RAHAYU TRIASTUTI)


KELAS DARING
KELAS X SEMESTER GENAP 2019/2020
SMK NEGERI 2 BAGOR

NAMA KELAS     : X APH
NAMA GURU     : PUJI RAHAYU TRIASTUTI
JUDUL MATERI  : KOMUNIKASI


MATERI :
A.    MATERI PEMBELAJARAN

Keluhan adalah satu pernyataan atau ungkapan rasa kurang puas terhadap satu produk atau layanan, baik secara lisan maupun tertulis, dari pelanggan internal maupun eksternal. Keluhan sangat erat kaitannya dengan pekerjaan. Ada banyak factor yang dapat menyebabkan pelanggan mengajukan complain.tidak ada satu organisasipun yang terbebas dari complain

1. Jenis Keluhan
1. Service Complaint atau complain layanan, baik yang diberikan secara umum oleh hotel maupun departementertentu yang memberikan layanan langsung kepada tamu
2. Facilities complaint. Complaint tentang fasilitas yang disediakan untuk tamu
3. Staff Complaint. Karena adanya karyawan yang mengganggu atau membuat tamu tidak nyaman
4. Own Complaint. Yang disebabkan oleh factor dari dalam diri tamu itu sendiri. Misalnya akan bepergian tetapi tiba-tiba turun hujan, atau menunggu jemputan
5. Irrational complaint. Yang lebih banyak disebabkan karena kekurang tahuan tamu terhadap penggunaan fasilitas yang tersedia

2. Langkah-langkah menangani keluhan konsumen
a. Mendengarkan
b. Tunjukan empati
c. Membuat parafrasa
d. Mencari solusi yang dapat diterima kedua pihak
e. Follow up (tindak lanjut)



         
        
        



SUSULAN PAS GANJIL 2020/2021 KELAS X SELASA 15 DESEMBER 2020

  KERJAKAN SOAL SUSULAN PAS SESUAI DENGAN MATA PELAJARAN BELUM KALIAN IKUTI, JANGAN MEMAKAI UCBROWSER JIKA MENGERJAKAN PAS, KARENA NILAI TID...