KELAS
DARING
KELAS X
SEMESTER GENAP 2019/2020
SMK
NEGERI 2 BAGOR
NAMA KELAS :
X JB 1
NAMA GURU :
NUROHMAH
JUDUL MATERI : PARIWISATA (Usaha-Usaha
Jasa Wisata) pertemuan ke 2
MATERI :
A. Pemasaran Produk Usaha dan Industri
Pariwisata
Keberhasilan dalam menentukan produk
wisata atau paket tour adalah bahwa paket wisata tersebut harus menomor satukan
kebutuhan pasar. Hal yang dimaksud dengan pasar adalah perminataan yang nyata
atau yang potensial akan suatu produk wisata tertentu yang didasarkan pada
sesuatu motivasi perjalanan. Sedangkan dari sisi produsen, pasar wisata biasa
dikatakan sebagai target market (sasaran utama) mengemas dan memasarkan produk
wisata.
Seacara umum pasar menunjukkan suatu
negara/teritorial yang memiliki potensi untuk dating mengunjungi suatu objek
wisata di negara/teritorial lain, biasanya adalah negara-negara maju yang
tingkat ekonomi dan pendidikannya sudah cukup tinggi sehingga kebutuhan mereka
tidak hanya pada tingkat makan, minum, perumakhan, pakaian, Pendidikan tapi
sudah mencapai kebutuhan rekreasi dengan penambahan wawasan jelajah yang
mendunia/internasional.
Sebelum menentukan komponen paket
tour, perlu pertimbangan “siapa” customer kita, seperti hal-hal berikut.
1. Usia
Ø Usia muda ( 18-34 th) : kelompok ini
biasanya menyenangi wisata adventure, seringkali tergabung dalam kelompok
wisata ekowisata/pecinta alam.
Ø Usia 35-50 tahun : usia ini adalah
usia produktif yaitu usia dimana sedang berkonsentrasi untuk mengembangkan
karier kegiatannya tergantung dari hobi atau kegemaran keluarga. Kelompok ini
cenderung membutuhkan atraksi, fasilitas dan akomodasi yang berorientasi
keluarga.
Ø Oldery (usia 50 tahun ke atas) :
kelompok usia ini mengutamakan keselamatan dan kenyamanan di usianya yang tidak
muda lagi dan cenderung memerlukan pelayanan lebih “care” dan hati-hati
2. Minat wisatawan
Ø Mencari pengalaman atau petualangan
Ø Minat pada budaya local
Ø Menikmati alam natural
Ø Keperluan relaksasi contohnya udara
pegunungan, pantai
3. Daya Tarik wisata yang akan
ditawarkan
Ø Pemandangan alam. mistik, exotic dan
budaya yang khas.
Ø Kombinasi dari pantai, budaya, barang
berkualitas dan hotel yang baik.
Ø Banyaknya areal pilihan untuk
petualangan ringan.
Ø Keramahan penduduk kepada wisatawan.
4. Kondisi kesejahteraan
masyarakat/wisatawan pengguna jasa
Ø Pendapatan rata-rata penduduk per
tahun.
Ø Hak cuti karyawan rata-rata 3
minggu/pertahun
Ø Tingkat mobilitas yang tinggi
Ø Ekonomi yang relatif stabil dengan
tingkat inflasi yang rendah
Ø Indeks hidup
Ø Jumlah kelas menengah yang besar
dalam piramida penduduk
B. Peranan Promosi dalam Menjual Paket
Perjalanan Wisata
1. Pengertian promosi pariwisata
Secara umum adalah suatu
proses kegiatan yang bertujuan agar para konsumen mengetahui adanya produk dan
jasa yang ditawarkan, kemudian membeli produk dan jasa tersebut dan
menjadikannya menjadi pelanggan setia.
2. Promosi produk wisata
Promosi produk pariwisata dimaksutkan agar masyarakat
mengenal dan memahami detail layanan dari paket perjalanan wisata, memotivasi
untuk bergabung dalam group wisatawan.
3. Layanan purna jual
Layanan purna jual adalah upaya untuk tetap memelihara
pelanggan/wisatawan, tetap menjaga hubungan baik, membantu wisatwan untuk
memelihara kenangan yang sudah tertanam agar dapat dikembangkan lagi dengan
mengikuti perjalanan wisata berikutnya.
4. Peran promosi pada industri
pariwisata
Promosi direncanakan untuk mendorong/merangsang pembelian
produk-produk wisata oleh para konsumen dan meningkatkan efektivitas penjualan
pada waktu yang relative singkat. Promosi yang dapat dilakukan oleh perusahaan
yang bergerak di bidang pariwisata antara lain sebagai berikut.
a) Penjualan secara pribadi
Personal
selling dilakukan
secara pribadi dan langsung kepada caln wisatawan.
b) Penjualan di lingkungan perusahaan
Seluruh
karyawan yang mengadakan penjualan langsung
dengan harus menyadari pentingnya jasa penjualan serta dampak dari
peningkatan volume bisnis terhadap
organisasi.
c) Periklanan
Periklanan
didefinisakan sebagai pesan yang dibayar, yang menggabarkan usaha perusahaan
dalam beraneka bentuk seperti pemasangan bill-board, pencetakan brisur,
pemasangan spanduk atau poster dll.
d) Promosi penjualan
e) Publisitas
Kegiatan untuk memancing nasabah
melalui kegiatan seperti pameran, bakti social, serta kegiatan lainnya untuk
meningkatkan pamor perusahaan di mata konsumennya.
TUGAS (SOAL LATIHAN ESSAY)