Senin, 13 April 2020

KEPARIWISATAAN KELAS X ( NUROHMA )


KELAS DARING
KELAS X SEMESTER GENAP 2019/2020
SMK NEGERI 2 BAGOR

NAMA KELAS               : X JB 1
NAMA GURU               : NUROHMAH
JUDUL MATERI            : PARIWISATA  (Usaha-Usaha Jasa Wisata) pertemuan ke 2

MATERI :
A.     Pemasaran Produk Usaha dan Industri Pariwisata
Keberhasilan dalam menentukan produk wisata atau paket tour adalah bahwa paket wisata tersebut harus menomor satukan kebutuhan pasar. Hal yang dimaksud dengan pasar adalah perminataan yang nyata atau yang potensial akan suatu produk wisata tertentu yang didasarkan pada sesuatu motivasi perjalanan. Sedangkan dari sisi produsen, pasar wisata biasa dikatakan sebagai target market (sasaran utama) mengemas dan memasarkan produk wisata.
Seacara umum pasar menunjukkan suatu negara/teritorial yang memiliki potensi untuk dating mengunjungi suatu objek wisata di negara/teritorial lain, biasanya adalah negara-negara maju yang tingkat ekonomi dan pendidikannya sudah cukup tinggi sehingga kebutuhan mereka tidak hanya pada tingkat makan, minum, perumakhan, pakaian, Pendidikan tapi sudah mencapai kebutuhan rekreasi dengan penambahan wawasan jelajah yang mendunia/internasional.
Sebelum menentukan komponen paket tour, perlu pertimbangan “siapa” customer kita, seperti hal-hal berikut.
1.      Usia
Ø  Usia muda ( 18-34 th) : kelompok ini biasanya menyenangi wisata adventure, seringkali tergabung dalam kelompok wisata ekowisata/pecinta alam.
Ø  Usia 35-50 tahun : usia ini adalah usia produktif yaitu usia dimana sedang berkonsentrasi untuk mengembangkan karier kegiatannya tergantung dari hobi atau kegemaran keluarga. Kelompok ini cenderung membutuhkan atraksi, fasilitas dan akomodasi yang berorientasi keluarga.
Ø  Oldery (usia 50 tahun ke atas) : kelompok usia ini mengutamakan keselamatan dan kenyamanan di usianya yang tidak muda lagi dan cenderung memerlukan pelayanan lebih “care” dan hati-hati
2.      Minat wisatawan
Ø  Mencari pengalaman atau petualangan
Ø  Minat pada budaya local
Ø  Menikmati alam natural
Ø  Keperluan relaksasi contohnya udara pegunungan, pantai

3.      Daya Tarik wisata yang akan ditawarkan
Ø  Pemandangan alam. mistik, exotic dan budaya yang khas.
Ø  Kombinasi dari pantai, budaya, barang berkualitas dan hotel yang baik.
Ø  Banyaknya areal pilihan untuk petualangan ringan.
Ø  Keramahan penduduk kepada wisatawan.

4.      Kondisi kesejahteraan masyarakat/wisatawan pengguna jasa
Ø  Pendapatan rata-rata penduduk per tahun.
Ø  Hak cuti karyawan rata-rata 3 minggu/pertahun
Ø  Tingkat mobilitas yang tinggi
Ø  Ekonomi yang relatif stabil dengan tingkat inflasi yang rendah
Ø  Indeks hidup
Ø  Jumlah kelas menengah yang besar dalam piramida penduduk

B.      Peranan Promosi dalam Menjual Paket Perjalanan Wisata

1.      Pengertian promosi pariwisata
Secara umum adalah suatu proses kegiatan yang bertujuan agar para konsumen mengetahui adanya produk dan jasa yang ditawarkan, kemudian membeli produk dan jasa tersebut dan menjadikannya menjadi pelanggan setia.
2.      Promosi produk wisata
Promosi produk pariwisata dimaksutkan agar masyarakat mengenal dan memahami detail layanan dari paket perjalanan wisata, memotivasi untuk bergabung dalam group wisatawan.
3.      Layanan purna jual
Layanan purna jual adalah upaya untuk tetap memelihara pelanggan/wisatawan, tetap menjaga hubungan baik, membantu wisatwan untuk memelihara kenangan yang sudah tertanam agar dapat dikembangkan lagi dengan mengikuti perjalanan wisata berikutnya.
4.      Peran promosi pada industri pariwisata
Promosi direncanakan untuk mendorong/merangsang pembelian produk-produk wisata oleh para konsumen dan meningkatkan efektivitas penjualan pada waktu yang relative singkat. Promosi yang dapat dilakukan oleh perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata antara lain sebagai berikut.

a)      Penjualan secara pribadi
Personal selling dilakukan secara pribadi dan langsung kepada caln wisatawan.
b)      Penjualan di lingkungan perusahaan
Seluruh karyawan yang mengadakan penjualan langsung  dengan harus menyadari pentingnya jasa penjualan serta dampak dari peningkatan  volume bisnis terhadap organisasi.
c)      Periklanan
Periklanan didefinisakan sebagai pesan yang dibayar, yang menggabarkan usaha perusahaan dalam beraneka bentuk seperti pemasangan bill-board, pencetakan brisur, pemasangan spanduk atau poster dll.
d)      Promosi penjualan
e)      Publisitas
Kegiatan untuk memancing nasabah melalui kegiatan seperti pameran, bakti social, serta kegiatan lainnya untuk meningkatkan pamor perusahaan di mata konsumennya.





TUGAS (SOAL LATIHAN ESSAY)

SUSULAN PAS GANJIL 2020/2021 KELAS X SELASA 15 DESEMBER 2020

  KERJAKAN SOAL SUSULAN PAS SESUAI DENGAN MATA PELAJARAN BELUM KALIAN IKUTI, JANGAN MEMAKAI UCBROWSER JIKA MENGERJAKAN PAS, KARENA NILAI TID...