KELAS
DARING
KELAS XI
SEMESTER GENAP 2019/2020
SMK
NEGERI 2 BAGOR
NAMA KELAS : XI PERHOTELAN 1, DAN
NAMA GURU : RISA UMAMI, S.Pd.,Gr
JUDUL MATERI : STRUKTUR ORGANISASI HOTEL
MATERI :
Struktur
Organisasi Hotel
Struktur organisasi adalah gambaran tentang jenis dan alur
kepemimpinan serta menunjukkan hubungan wewenang dan tanggung jawab dari setiap
unit kerja dalam suatu organisasi. Dalam struktur organisasi hotel, setiap
orang pada jabatan masing-masing harus menyadari bahwa keberadaannya adalah untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh hotel.
Jumlah karyawan dan departemen dalam organisasi dipengaruhi
oleh beberapa hal, seperti jumlah kamar, tingkat layanan yang ditawarkan, jenis
penyelenggaraan hotel, model manajemen yang diterapkan.
Penggunaan istilah jabatan pada prinsipnya sama. Hal yang
kerap membedakan adalah pada kecenderungan hotel mengadopsi asal-usul istilah
tersebut. Misalnya, untuk jabatan Manager di Eropa digunakan
istilah Director atau Directeur dalam bahasa Perancis.
Contoh lain adalah penggunaan istilah Chief yang merujuk pada
pengertian pimpinan tertinggi suatu departemen, seperti Chief Security,
Chief Accountant, dan sebagainya.
Berikut ini akan diuraikan jabatan-jabatan yang umumnya
terdapat pada hotel besar :
1. General Manager
General Manager adalah puncak pimpinan dari sebuah
organisasi hotel. Ia bertanggung jawab atas keseluruhan penyelenggaraan hotel
dan kinerja seluruh karyawannya.
2. Assistant
General Manager atau Executive Assistant Manager
Assistant General Manager atau Executive
Assistant Manager adalah wakil General Manager. Jabatan ini pada
umumnya ada dihotel-hotel besar dimana General Manager perlu dibantu
dan didukung oleh Assistant General Manager.
3. Controller
Controller adalah akuntan internal hotel. Controller
bertanggung jawab atas efektivitas pengelolaan administrasi dan penyajian data
keuangan yang disusun setiap hari.
4. Plant Engineer
Plant Engineer adalah pejabat yang bertanggung jawab
atas pemeliharaan, pengelolaan dan perbaikan seluruh aset yang meliputi :
gedung, hotel, perlengkapan mekanik dan elektronik, dan energi hotel.
5. Executive
Housekeeper
Executive Housekeeper adalah pemimpin departemen yang
memiliki kemampuan merencanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi perkerjaan
dibidang housekeeping.
LINK TUGAS