KELAS
DARING
KELAS X SEMESTER
GENAP 2019/2020
SMK
NEGERI 2 BAGOR
NAMA KELAS : X ATPH
3, X ATPH 2 ,X ATPH 1, XAPHP Dan X APH1
NAMA GURU : Purwati,SE
JUDUL MATERI: 3.9 Mengevaluasi karya seni budaya nusantara
4.9
Menyajikan hasil evaluasi karya seni
budaya nusantara
MATERI :
Evaluasi
seni
Langkah –langkah evaluasi karya seni budaya
perlu kita evaluasi untuk mengukur nilai seni yang tercipta lalu memberi kritik
membangun pada karya yang diobservasi. Adapun langkah-langkah mengevaluasi
karya seni budaya sebagai berikut :
a. Membandingkan
sebanyak-banyaknya karya yang dinilai
b. Menetapkan
tujuan atau fungsi karya dikritisi
c. Menetapkan
sejauh mana karya ditetapkan berbeda dari yang sudah ada sebelumya
d. Menelaah
karya yang dimaksud dari segi kebutuhan khusus dan segi sudut pandang tertentu
yang melatarbelakanginya
e. Carilah
contoh gambar karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi, cobalah menulis kritik
karya-karya tersebut
f.
Gunakan langkah-langkah kritik secara
bertahan mulai darimendiskrisikan hingga menilai atau mengevaluasi
Mengkritik karya seni budaya
nusantara
Setelah kita tahu cara mengevaluasi karya seni, maka
sekarang kita mengkritik karya seni budaya nusantara. Tapi apa itu kritik seni?
a. Pengertian
kritik seni
Kritik seni itu merupakan
sebuah aktivitas yang berusaha memberikan tanggapan terhadap karya seni untuk
menunjukkan kelebihan dan kekurangan suatu karya seni. Perlu diketahui
bahwasanya hasil kritikan yang disampaikan oleh seorang kritikus ternama dapat
memengaruhi kualitas sebuah karya bahkan bias berpenggaruh pada harga jual
karya tersebut.
b. Kritikus
seni
Kritikus seni budaya,
saat melaksnakan kritik berlandaskan hal-hal sebagai brikut :
1. Menguasai
penerapan metode kritik yang tepat
2. Menguasai
media kritik (kebahsaan yang efektif dan komunikatif)
3. Pengalaman
yang cukup dalam materi kritik
4. Keilmuan
dan pengetahuan yang relevan
c. Fungsi
kritik
Fungsi utama kritik seni,
yaitu sebagai langkah menjembatani antara presepsi dan apresiasi karya seni
rupa. Maksudnya menjembatani antara seniman, karya dengan penikmat seni. Kritik
seni juga berusaha melakukan analisa, mengupas dan mampu memudahkan seniman dan
penikmat seni berkomunikasi lewat karya seni
d. Jenis-jenis
kritik seni
1. Kritik
jurnalistik tipe kritik ini ditulis untuk para pembaca surat kabar dan majalah.
Tujuan memberikan informasi tentang berbagai peristiwa dalam duniakesenian
2. Kritik
pedagogic diterapkan dalam kegiatan proses belajar mengajar di lembaga
pendidikan kesenian. Tujuannya mengembangkan bakat dan potensi artistic estetik
3. Kritik
ilmiah pengkajian nilai seni secara meluas , mendalam dan sistematis baik dalam
menganalisis maupun kaji banding kesejarahan critical judgment
4. Kritik
popular ditulis oleh sebagian besar penulis tidak menuntut keahlian kritis
Pendekatan
kritik seni terdiri dari penekatan formalistic, instrumentalistik dan
ekspresivitik
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar ?