MATA PELAJARAN : KOMUNIKASI INDUSTRI PARIWISATA
GURU MAPEL : ROTA
KELAS : X APH 1, X APH 2, X APH 3
BAB
11
PUBLITAS
PARIWISATA
1. Pengertian publitas
Adalah informasi yang
bukan berasala dari media massa atau bukan pencarian wisatawan media massa
menggunakan informasi itu karena meemiliki nilai berita.
Ada bebrapa ahli yang
mengungkapkan pemikiran tentang definsi atau pengertian publitas yaitu :
1. Lesy (1992:215)
publitas adaah penyebaran pesan yang direncanakan dan dilakukan untuk mencapai
tujuan lewat media tertentu untuk kepentingan tertentu dari organisasi dan
perorangan tanpa pembayaran pada media
2. Newsom, Turk, dan
Kruckeberg (2004:215) publitas adalah berita tentang seseorang penduduk, atau
pelyanan yang muncul pada suatu ruang atau waktu yang media disediakan dalam
bentuk berita atau program Dallam dunia broadcast
3. Swastha ( 1999 )
publitas addalah sejumlah informasi tentang sasaran , barang, atau organisasi
yang disebarluaskan ke masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya aatau
tanpa pengawas dari sponsor
4. C nverse, Huegy, dan Mitchell publitas adalah
sebagai bentuk berita yang bersifat komersial tentang produk, lembaga jasa,
atau orang yang dipublikasikan dalam surat kabar aatau media massa yang tidak
dibayar sponsor
Jadi kesimpulannya,
publitas adalah informasi yang bukan berasala
dari media massa atau bukan hasil dari pencarian informasi oleh wartawan
media massa, melainkan informasi yang diperoleh dari media massa dari sumber
luar karenna informasi tersebut memliki nilai berita.
Beberapa bentuk publitas
sebagai berikut :
a. pure publicity.
Publitas yang terjadi dengan mengambil keuntungan dari momentum terjadi
peristiwa biasa,
b. free-ride publicity.
Publitas terjadi karena ada sesuatu pada institusi yang menarik perhatian media
massa dan disiarkan tanpa adanya permintaan khusus maupun paksaan
c. tie-in publicity.
Publitas ini terjadi melalui peristiwa atau hal ysng sedang popular di kalangan
masyarakat.
2. Tujuan Publitas
Tujuan umumnya adalah
memberi informasi kepada masyarakat. Oleh karena itu, publitas sangat masuk
akal jika digunakan hal-hal berikut :
a. mengumumkan produk
atau jasa baru
b. memberi energy bari
kepada produk lama
c. menjelaskan sebuah
produk yang kompleks
3. Kelebihan dan kekurangan Publitarogrs
KELEBIHAN PUBLITAS :
a. publitas dapat
menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca sebuah iklan
b. publitas dapat
ditempatkan pada halaman depan dari sebuah
surat kabar
c. lebih dapat dipercaya
d. publitas jauh lebih
murah karea dilakukan secara beebas tanpa dipungut biaya
e. publitas memiliki
kredibilitas lebih tinggi di mata khalayak media
f. info atau berita
tersebut merupakan fakta dan tidak rekayasa
g. info yang disajikan
tidak berisi pesan-pesan menjual
h. publitas memungkinkan
cerita lebih detail tentang produk
KEKURANGAN PUBLITAS :
a. tidak dapat dikontrol
b.
tidak dapat mengontrol jenis informasi yang dibuat.
c.
non personal communication bersifat satu arah yaitu informasi yang dimuat di
media dapat dibaca atau dilihat oleh masyarakat ttanpa ada dialog interaksi
langsung
4.
Hubungan Public Relations dengan Publitas
Public
relation adalah program yang tidak dibatasi dalam satu periode waktu. Di
lapangan hanya public relations yang mampu mengidentifikasi publitas yang
bersifat umum dan khusus. Publitas umum mencakup semua informasi di emdia massa
yang dicari dan ditulis wartawan.
5.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PUBLITAS
Publitas
memiliki kriteria tertentu sehingga ia dapat dimuat. Menurut Iriantara (
2006:68 ) merujuk pada 2 hal, yaitu sebagai berikut :
a.
pennulisan materi publitas
pemahaman
penulisan anatara lain :
1.
teknik mencari berita
2.
teknik menulis berita
3.
mengetahui teknik menulis untuk jeniss media cetak / elektronik
4.
etika jurnalistik
b.
kualitas hubungan media
faktor-faktor
publitas institusi adalah sebagai berikut :
1. daya Tarik event
2. nama besar
B, MENGEMBANG RANCANGAN
PUBLITAS
Saat ini dengan semakin
banyaknya blogger/wartawan yang lebih aktif menggunakan mdia digital, media
social, dan metode pitching berkembang. Secara spesifik, kantor berita tidak
hhanya mencari tulisan, misalnya foto, video. Namun pada decade kedua abad
ke-21 ini, penting unntuk menyadari bahwa 80% wartawan masih mengingkan
pitching melalui surel; hanya 2% yag lebih memilih pitching melalui media
social. Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan :
a. sesnsitiflah terhadap
waktu
b. umumnya, tulislah
dulu, baru telepon
c. tujukan rilis kepada
individu atau penyuting spesifik
d. tentukan bagaimana
sang wartawan ingin dikontak
e. jangan mendesak
f. gunakan kata
eksklusif, tetapi berhhati-hatilah
g. ketika anda menelepon,
gunakan telepon anda sendiri
h. jangan kirimkan
cuplikan dari cerita lain mengenai klien anda
i. bangun sebuah hubungan
j. jangan pernah
berbohong
SOAL