Senin, 27 April 2020

KEPARIWISATAAN KELAS X (PUBLITAS PARIWISATA, QURROTA AYUN, S.Pd )


MATA PELAJARAN            : KOMUNIKASI INDUSTRI PARIWISATA
GURU MAPEL                      : ROTA
KELAS                                   : X APH 1, X APH 2, X APH 3
BAB 11
PUBLITAS PARIWISATA

1. Pengertian publitas
Adalah informasi yang bukan berasala dari media massa atau bukan pencarian wisatawan media massa menggunakan informasi itu karena meemiliki nilai berita.
Ada bebrapa ahli yang mengungkapkan pemikiran tentang definsi atau pengertian publitas yaitu :
1. Lesy (1992:215) publitas adaah penyebaran pesan yang direncanakan dan dilakukan untuk mencapai tujuan lewat media tertentu untuk kepentingan tertentu dari organisasi dan perorangan tanpa pembayaran pada media
2. Newsom, Turk, dan Kruckeberg (2004:215) publitas adalah berita tentang seseorang penduduk, atau pelyanan yang muncul pada suatu ruang atau waktu yang media disediakan dalam bentuk berita atau program Dallam dunia broadcast
3. Swastha ( 1999 ) publitas addalah sejumlah informasi tentang sasaran , barang, atau organisasi yang disebarluaskan ke masyarakat melalui media tanpa dipungut biaya aatau tanpa pengawas dari sponsor
4. C  nverse, Huegy, dan Mitchell publitas adalah sebagai bentuk berita yang bersifat komersial tentang produk, lembaga jasa, atau orang yang dipublikasikan dalam surat kabar aatau media massa yang tidak dibayar sponsor
Jadi kesimpulannya, publitas adalah informasi yang bukan berasala  dari media massa atau bukan hasil dari pencarian informasi oleh wartawan media massa, melainkan informasi yang diperoleh dari media massa dari sumber luar karenna informasi tersebut memliki nilai berita.
Beberapa bentuk publitas sebagai berikut :
a. pure publicity. Publitas yang terjadi dengan mengambil keuntungan dari momentum terjadi peristiwa biasa,
b. free-ride publicity. Publitas terjadi karena ada sesuatu pada institusi yang menarik perhatian media massa dan disiarkan tanpa adanya permintaan khusus maupun paksaan
c. tie-in publicity. Publitas ini terjadi melalui peristiwa atau hal ysng sedang popular di kalangan masyarakat.

2. Tujuan Publitas
Tujuan umumnya adalah memberi informasi kepada masyarakat. Oleh karena itu, publitas sangat masuk akal jika digunakan hal-hal berikut :
a. mengumumkan produk atau jasa baru
b. memberi energy bari kepada produk lama
c. menjelaskan sebuah produk yang kompleks

3. Kelebihan dan kekurangan Publitarogrs
KELEBIHAN PUBLITAS :
a. publitas dapat menjangkau orang-orang yang tidak mau membaca sebuah iklan
b. publitas dapat ditempatkan pada halaman depan dari sebuah  surat kabar
c. lebih dapat dipercaya
d. publitas jauh lebih murah karea dilakukan secara beebas tanpa dipungut biaya
e. publitas memiliki kredibilitas lebih tinggi di mata khalayak media
f. info atau berita tersebut merupakan fakta dan tidak rekayasa
g. info yang disajikan tidak berisi pesan-pesan menjual
h. publitas memungkinkan cerita lebih detail tentang produk
 KEKURANGAN PUBLITAS :
a. tidak dapat dikontrol
b. tidak dapat mengontrol jenis informasi yang dibuat.          
c. non personal communication bersifat satu arah yaitu informasi yang dimuat di media dapat dibaca atau dilihat oleh masyarakat ttanpa ada dialog interaksi langsung

4. Hubungan Public Relations dengan Publitas
Public relation adalah program yang tidak dibatasi dalam satu periode waktu. Di lapangan hanya public relations yang mampu mengidentifikasi publitas yang bersifat umum dan khusus. Publitas umum mencakup semua informasi di emdia massa yang dicari dan ditulis wartawan.

5. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PUBLITAS
Publitas memiliki kriteria tertentu sehingga ia dapat dimuat. Menurut Iriantara ( 2006:68 ) merujuk pada 2 hal, yaitu sebagai berikut :
a. pennulisan materi publitas
pemahaman penulisan anatara lain :
1. teknik mencari berita
2. teknik menulis berita
3. mengetahui teknik menulis untuk jeniss media cetak / elektronik
4. etika jurnalistik
b. kualitas hubungan media
faktor-faktor publitas institusi adalah sebagai berikut :
1. daya Tarik event
2. nama besar

B, MENGEMBANG RANCANGAN PUBLITAS
Saat ini dengan semakin banyaknya blogger/wartawan yang lebih aktif menggunakan mdia digital, media social, dan metode pitching berkembang. Secara spesifik, kantor berita tidak hhanya mencari tulisan, misalnya foto, video. Namun pada decade kedua abad ke-21 ini, penting unntuk menyadari bahwa 80% wartawan masih mengingkan pitching melalui surel; hanya 2% yag lebih memilih pitching melalui media social. Berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan :
a. sesnsitiflah terhadap waktu
b. umumnya, tulislah dulu, baru telepon
c. tujukan rilis kepada individu atau penyuting spesifik
d. tentukan bagaimana sang wartawan ingin dikontak
e. jangan mendesak
f. gunakan kata eksklusif, tetapi berhhati-hatilah
g. ketika anda menelepon, gunakan telepon anda sendiri
h. jangan kirimkan cuplikan dari cerita lain mengenai klien anda
i. bangun sebuah hubungan
j. jangan pernah berbohong


SOAL


SUSULAN PAS GANJIL 2020/2021 KELAS X SELASA 15 DESEMBER 2020

  KERJAKAN SOAL SUSULAN PAS SESUAI DENGAN MATA PELAJARAN BELUM KALIAN IKUTI, JANGAN MEMAKAI UCBROWSER JIKA MENGERJAKAN PAS, KARENA NILAI TID...