ROOM SERVICE
A. Pengertian ROOM
SERVICE
Disebut juga in room guest dinning yaitu pelayanan makanan yang biasa
diselenggarakan di hotel / penginapan, dimana tamu yang minta makanan dan
minuman diantar ke kamar tidurnya sebagai bagian produk hotel yang di jual
termasuk dalam lingkup F & B Service.Room service pada kebanyakan
hoteldisiapkan untuk memberi kemudahan bagi tamu yang menginapdalam memenuhi
kebutuhan makanan dan minuman tanpa harus keluar dari kamar tidurnya,tamu
dengan senang hati mendapatkan privacy dalam memenuhi kebutuhan makan dan minum
didalam kamar tidur.
Pelayanan room service bisa 24
jam, tidak hanya untuk breakfast saja tetapi bisa untuk lunch. Dinner atau
lainya.Pihak hotel harus bisa kerja sama dengan FRONT OFFICE dalam mencatat layanan makanan termasuk dalam
transaksi dalam pembayaran.Tamu pemesan adalah mereka termasuk turis musiman
bukan rombongan, keluarga yang membawa anak kecil .
B. Alasan
tamu memilih room service
1.
Privacy, keamanan, kenyamanan
2.
Prestise, acara privat dengan sentuhan yang unikyang diadakan di kamar tamu
C. Masalah
yang sering terjadi dalam room service
1. Harapan tamu tidak
terealisasi dalam aspek kualitas makanan
2. Kecepatan penyajian dari dapur ke kamar tidur
3. Harga lebih tinggi disbanding dengan makanan yang
sejenis
4. Kecepatan waktu pemesanan dan pengiriman makanan
5. Attitude petugas yang kadang kurang professional
D.
Prosedur room service
1. Tamu melakukan taking order bisa secara langsung
pada saat check in atau telfon dari kamar
sesuai informasi yang ada pada kamar.
2. FO berkoordinasi dengan F & B produk untuk
persiapan pengolahan makanaan yang dipesan,plating dan pendistribusian secara
standart
3. Pendistribusian makanan sesuai dengan pesananan
,kamar, SOP dan pelayanan akhir sampai dengan transaksi pembayaran.
E.
Prosedur untuk memudahkan komunikasi dalam room service pada staff hotel
1. Pre parathion
2. Order taking
3. Order routing
4. Order preparation
5. Order delivery
6. Post order delivery